Tutorial Cryptohero Lengkap Bahasa Indonesia | Cryptocurrency Indonesia

Budaya Indonesia Luar Biasa


Budaya Indonesia merupakan suatu karya yang luar biasa yang telah turun-temurun kehadirannya membawa warna bagi bangsa. Betapa tidak, di setiap wilayah mempunyai budaya masing-masing dengan ciri khas yang berbeda-beda. Misal saja rumah adat yang beragam di tiap-tiap daerah seperti Rumoh di Aceh, Rumah Gadang Sumatra Barat, Rumah Limas Sumatra Selatan, Joglo di Jawa, Honai di Papua dan lain-lain. Hal ini membuktikan sungguh kayanya negara kita ini. Belum lagi di bidang kesenian yang sebagian besar telah tersohor di dunia internasional, sehingga membawa nilai positif tersendiri bagi perkembangan kebudayaan kita.

Selanjutnya kita ketahui tidak sedikit budaya Indonesia yang terkenal di  internasional, maka tidak salah jika kita patut bangga dengan budaya Indonesia. Tapi, kita juga harus waspada dan jangan ada kelengahan, seperti beberapa kali negara tetangga mengklaim masalah kepemilikan budaya kita ini. Sebut saja Malaysia yang telah mengkloning begitu saja Reog Ponorogo sebagai salah satu identitasnya. Tentu hal ini membuat gempar bangsa Indonesia, mengingat budaya tersebut memang asli dari Ponorogo, salah satu nama kota di Jawa Timur Indonesia. Dan melihat dari kutipan antaranews.com Jumat, 23 November 2007, menyebutkan bahwa gambar Reog yang ditampilkan di website Kementrian Kebudayan, Kesenian dan warisan Malaysia adalah asli buatan pengrajin asal Ponorogo.  Hal ini sejalan dengan apa yang dituturkan oleh Gunardi selaku Kepala Dinas Pariwisata dan Seni Budaya, Pemkab Ponorogo yang ironisnya budaya kita disinyalir memang benar-benar dicuri. Dan sebenarnya, peristiwa itu bisa menjadi alarm bagi bangsa Indonesia untuk lebih peduli dan bahkan perlu menumbuhkan rasa bangga terhadap budaya sendiri.

            Kemudian dalam hal ini pemerintah perlu melakukan tindakan tegas mngenai disiplin menjaga dan melestarikan budaya, sehingga tidak akan ada lagi kabar tak sedap mengenai budaya kita tersebut. Selain itu, yang merupakan suatu hal esensi dalam permasalahan ini ialah perlunya membangun mainset sejak dini untuk berfikir ke arah ke depan dalam usahanya melestarikan budaya yaitu dengan melakukan tindakan- tindakan positif seperti membiasakan turut serta dalam acara adat tradisional, bermain mainan tradisional, membaca cerita rakyat, menyantap makanan tradisional, mengenakan busana tradisional seperti batik, mengunjungi tempat wisata di Indonesia, museum dan pusat-pusat kebudayaan. Jadi, Generasi tersebut akan mengerti betapa pentingnya menjaga kelestarian budaya bangsa kita tercinta ini.

            Akhirnya, semua kalangan akan turut ambil bagian dalam upaya melestarikan budaya, ialah golongan tua dan muda yang saling bahu membahu, sepemikiran menciptakan suasana nyaman berbudaya sesuai dengan daerahnya. Dan yang terpenting rasa persatuan dan kesatuan pun akan terus terjalin harmonis meski beragam budaya mewarnai Indonesia. Sehingga Indonesia akan semakin kukuh dan berkompeten ke depan sebagai bangsa yang cinta dengan budayanya sendiri.

Komentar