Tutorial Cryptohero Lengkap Bahasa Indonesia | Cryptocurrency Indonesia

Bahasa Jawa Sulit Dipelajari Penduduk Asing Bahkan Penduduk Pribumi

gw tiba - tiba inget pengen bahas mengenai bahasa ibu gw yaitu Bahasa Jawa. Sebagai pemuda yang native speaker of Javanesse, gw ngerasa bangga banget men walaupun di blog sering banget pakai lu gw loe gue end gitu tapi woles aja yang penting bahasa asli gak lupa dan emang gak akan lupa karena udah melekat. Coba aja deh orang jawa yang 10 tahun di amerika pun ketika dia udah lancar English balik ke jawa pasti masih fasih aja nih anak ngomong jawa. Hebat bener ya ? nggak juga sob, karena yang namanya bahasa ibu itu emang gak akan pernah bisa lepas dari pribadi personal kalian masing - masing. 

Kenapa tiba - tiba pengen nulis tentang ini ?

idenya dari tugas kuliah sih, WHAT ? kan jurusan IT, hahha woles sob, ini tugas bikin Perancangan Compiler tapi pakai bahasa yang berbeda. Nah kebetulan banget gw dapet bahasa jawa, pas betul sama bahasa asli gw yang satu ini. Kemudian gw mulai ngerjain deh tugasnya dan searching - searching di mbah google tercinta, akhirnya nemu semua bahan yang dibutuhkan. Dan gw sadar bawasanya bahasa jawa itu luas banget, di berbagai situs dijelaskan banyak ragam dialek yang digunakan di bahasa jawa dari bahasa jawa timur tengah sampai ke barat itu beda - beda, bahkan sekarang udah menyebar ke penjuru Nusantara. Keren banget men ! gw yakin pasti gara - gara orang jawa suka keluyuran #gw banget nih. Maksudnya keluyuran disini adalah gemar mencari pengalaman / bisa disebut merantau, mereka berani keluar lepas dari zona amannya untuk menuntut tujuan yang harus dicapai. Dan saya pikir kadang orang jawa ini unik, mereka bisa menyesuaikan diri dimanapun mereka berada, science of adaptasinya tinggi banget. Dan lebih beruntungnya lagi kehadirannya diterima di semua kalangan masyarakat karena etikatnya yang ramah sopan santun #sebagian aja ah kalau menurut gw. Tapi emang bener kok sob, mereka gak akan sadis sesadis lagunya Afgan. Pasti kehadiran mereka itu menguntungkan semua pihak, maka dari itu bertemanlah sama orang jawa men ky gw gini yang baik hati ramah dan sopan abis. :D

Mengetahui hal tersebut menjadikan banyak suku lain menjadi tertarik untuk mempelajari bahasa jawa bahkan sampai international. Nenek moyang gw sekarang juga udah nyebar di luar negeri men, lu masih inget gak kejadian pengiriman ke Suriname. Nah itu orang jawa semua men, jadi sekarang bahasa jawa jadi bahasa sehari - hari disana. Tapi gara - gara posisi geografisnya di Amerika Latin jadi mereka lebih nampak seperti orang brazil yang kulitnya eksotis, jadi udah ky bule lagi sih. Yang penting taulah asal - usulnya, jadi kalau kowe - kowe (kamu - kamu) yang pengen ke Suriname monggo - monggo aja. Silahkan buktikan omongan gw. (sumber internet ) 

Nah kenapa kok banyak udah coba mempelajari bahasa jawa tapi susah ? jawabannya adalah bahasa jawa beragam Grammar ( aturan bahasa ) ada banyak banget bahasa di bahasa jawa. Maksudnya gimana ? kurang paham ya come gw tunjukin : 

Di bawah ini disajikan contoh sebuah kalimat dalam beberapa gaya bahasa yang berbeda-beda ini.
  1. Ngoko kasar: “Eh, aku arep takon, omahé Budi kuwi, nèng*ndi?’
  2. Ngoko alus: “Aku nyuwun pirsa, dalemé mas Budi kuwi, nèng endi?”
  3. Ngoko meninggikan diri sendiri: “Aku kersa ndangu, omahé mas Budi kuwi, nèng ndi?” (ini dianggap salah oleh sebagian besar penutur bahasa Jawa karena menggunakan leksikon krama inggil untuk diri sendiri)
  4. Madya: “Nuwun sèwu, kula ajeng tanglet, griyané mas Budi niku, teng pundi?” (ini krama desa (substandar))
  5. Madya alus: “Nuwun sèwu, kula ajeng tanglet, dalemé mas Budi niku, teng pundi?” (ini juga termasuk krama desa (krama substandar))
  6. Krama andhap: “Nuwun sèwu, dalem badhé nyuwun pirsa, dalemipun mas Budi punika, wonten pundi?” (dalem itu sebenarnya pronomina persona kedua, kagungan dalem 'kepunyaanmu'. Jadi ini termasuk tuturan krama yang salah alias krama desa)
  7. Krama lugu: “Nuwun sewu, kula badhé takèn, griyanipun mas Budi punika, wonten pundi?”
  8. Krama alus “Nuwun sewu, kula badhe nyuwun pirsa, dalemipun mas Budi punika, wonten pundi?”
( sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_jawa )

Tuh kan udah terbukti kan ada banyak macamnya bahas jawa. Tapi apakah orang jawa semua bisa mempelajari semua ? jawabannya adalah tidak, tidak semua tapi ya ada pasti apalagi ada kuliah yang matakuliahnya sastra jawa pasti mempelajari. 


Yang penting gini aja deh kalau pengen belajar bahasa jawa, ibaratkan lu bener - bener gak tau banget nih bahasa jawa. Langkah - langkah yang kudu lu lakuin sbb : 
1. Temui orang jawa asli ( native speaker of javanesse) 
2. Dengarkan mereka ngobrol, coba mengerti apa yang mereka bicarakan. 
3. Setelah mengerti yang dimaksud coba temen lu itu suruh ngobrol ma lu pakai bahasa jawa, jadi lama - lama akan makin paham. 
4. Coba berbicara sebisanya ( ngoko / bahasa jawa sehari - hari ).
5. Enjoy your javanesse. 

Nah udah gw coba kasih tips yang mempermudah latihan bahasa jawa. Ok guys enjoy 
See you next statements.. 


  

Komentar