Tutorial Cryptohero Lengkap Bahasa Indonesia | Cryptocurrency Indonesia

Bikin Website Setingkat Nasional

gue dah banyak bikin website pesenan bro, tapi yang ini beda. Bedanya apa ? website kali ini adalah web dinas perhubungan, sebenarnya sama aja sih ky website2 lainnya. Bedanya, harus ketemu sama admiral-admiral angkatan darat you know lah harus ada birokrasi dan semacamnya itu. Jadi, ya kalau ada meeting-meeting gue pati diajakin. Dan karena saking antusiasnya gue selalu hadir ontime, tapi sayangnya mereka yang pada gak ontime (revolusi mental harus secepatnya diterapkan). 

Kemudiannya puncaknya kemarin pas harus mempresentasikan web ini, gue yang presentasi. Udah yang bikin gue, disuruh presentasi pula. Adrenalin dipompa bro, ya gpp sih buat pengalaman. Rasanya tuh beda dibandingkan dengan presentasi di kampus biasa, I don't know why mungkin karena title atau pangkat mereka tinggi trs gue belum pernah kenal sebelumnya, jadi agak nervous. Tapi untungnya gue cool, jadi nervous bentar terus pas ngomong ya fine-fine aja. 'cause what ? karena sudah gue sugesti sendiri my soul bro, 

"lo itu master of presentation, bahkan Mario Teguh kalah sama lo". 

Dan ada prinsip gue yang slama ini gue pegang biar gak pernah gugup, 
"halah presentasi gak bikin mati aja kok". 

Lucu sih, tapi it's work bro, trust me, pas lo ketakutan presentasi badan gemetar dll (gejala demam panggung), lo pikirin aja ky prinsip gue yang tadi. Pasti langsung ilang semua gejala nervous itu. Kalau gak percaya cobain aja. Dan ada dua hal lagi yang sangat menolong ketika stand in front of (stage I mean). Pertama, pas berdiri posisikan tubuh agak condong ke depan dan tangan seirama dengan ucapan (gak usah dibuat-buat), kalau lo nyaman pasti gerakan tangan juga mengikuti kok. Tapi juga perlu dilatih sih, jadi persiapkanlah point-pointnya sebelum presentasi, jadi yang dibicakan gak ngalor ngidul. Kemudian yang kedua, atur nafas. Teknik ini sangat penting, karena ketika lo bicara secara gak langsung nafas lah yang mengatur intonasi your speak up. Caranya sebelum presentasi tarik nafas dalam-dalam, tahan dan rasakan detakan jantung berirama, setelah mulai tenang kemudian hembuskan lewat mulut. Ulangi sampai bener-bener rilexs, gue rasa 3x juga udah rilex kok. 

Nih gambar gue sebelum presentasi

Memotret bus dari kantor Dishub

Nah itu ikhtisar dari pengalaman gue bro, :) 
see you next statement..  



Komentar