Tutorial Cryptohero Lengkap Bahasa Indonesia | Cryptocurrency Indonesia

Input Output Pemrograman C


Review lagi Tipe Data dan Format pemanggilan Control String yang digunakan : 


Note : Hafalkan Format Control tersebut. 

Ini sangat esensi sekali karena dalam penulisan program bahasa C pasti menggunakan Format Control tersebut. Saran saya, perbanyak latihan supaya hafalnya lebih cepat. 

Sesuai dengan judul, kali ini saya akan membahas mengenai penulisan program masukan dan keluaran. Apa maksudnya ? 

Check this out. 

Input atau Masukan 


Untuk tipe data selain string saya sarankan menggunakan ini :
scanf("format",  &nama_variabel);
Untuk tipe data string atau char[..], saya sarankan menggunakan :
fflush(stdin);gets(nama_variabel); 

Kenapa kenapa harus begitu ? gak harus juga sih, tapi perlu diketahui bahwa scanf() tidak bisa membaca spasi. Oleh karena itu penulisan dengan fflush(stdin);gets(); saya anjurkan dalam menulis string yang notabenya kebanyakan memakai sepasi. 

Contoh : Kukuh Setiawan 
jika menggunakan scanf(); maka yang akan terbaca hanya "Kukuh". 
Sedangakan jika menggunakan fflush(stdin);gets(); sudah pasti terbaca "Kukuh Setiawan".

SALAH KAPRAH

Biasanya sering terjadi error dalam penulisan input scanf(); dikarenakan : 
  1. kurangnya tanda & contoh : scanf("%i", nama_variabel); , kalian tahu kan %i merupakan format dari integer. Untuk itu wajib menggunakan &, jadi yang benar seperti ini scanf("%i", &nama_variabel);
  2. penulisan tanpa & bekerja pada tipe data string dan char, Contoh penulisan inputan char : scanf("%c", nama_variabel);
  3. Menuliskan nama lengkap tapi memakai  scanf("%s", nama_variabel); , sudah dijelaskan di atas bahwa scanf tidak bisa membaca spasi. Misal diinputkan : "Kukuh Setiawan", ketika di outputkan maka hanya akan tampil "Kukuh". Tahu darimana? coba aja sendiri, emang aturannya sudah seperti itu. Ibarat nembak cewek mengungkapkan perasaan, harus tahu dulu rules-rulesnya, dia suka apa, hobinya apa, perhatikan hal terkecil yang ada pada dirinya pasti akan diterima. Begitu juga dengan pemrograman, harus tahu rules-rulesnya supaya program diterima atau execute berhasil. 

Output atau Keluaran atau Menampilkan 

printf("format", nama_variabel);
contoh integer : printf("Nilai saya : %i", nilai);

Jadi format tersebut akan memanggil data yang kita inputkan. Misalkan di inputan memasukan 90, maka output tersebut akan tampil sebagai berikut : Nilai saya 90.


Cukup mudah dimengerti bukan ?
itulah bahasa C, menurut saya bahasa C merupakan basicnya atau dasar dari semua bahasa pemrograman seperti java, C#, php, dll.



  

Komentar