Tutorial Cryptohero Lengkap Bahasa Indonesia | Cryptocurrency Indonesia

BAB I KONSEP DASAR KOMPUTER




I.  DEFINISI KOMPUTER

Menurut arti harfiahnya (ejaan aslinya) komputer berarti alat hitung. Kata komputer berasal dari bahasa latin yaitu “COMPUTERE” yang berarti menghitung dan dalam bahasa Inggrisnya COMPUTE.

Tapi sekarang komputer bukan hanya merupakan alat hitung saja, tetapi dengan bantuan komputer selain kita dapat menganalisa suatu masalah, dapat mengambar grafik. Komputer sekarang dapat memanipulasi data, selain data bilangan hingga kegiatan-kegiatan seperti administrasi kepegawaian, surat menyurat, pelayanan kesehatan, ekonomi, penerbangan, produksi dan lain sebagainnya dapat dikerjakan dengan bantuan komputer.

Berikut ini adalah beberapa definisi tentang komputer yang disajikan oleh beberapa buku komputer.


Menurut buku COMPUTER ANNUAL (Robert H. Blismmer)

Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, sebagai berikut :
§    Menerima input

§    Memproses input tadi sesuai dengan programnya

§    Menyimpan perintah-perintah dan hasil-hasil pengolahan

§    Menyediakan output dalam bentuk informasi


Menurut buku INTRODUCTION TO THE COMPUTER (Gordon B. Davis) Komputer adalah tipe alat khusus penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti.

PENGANTAR ILMU KOMPUTER

Menurut buku COMPUTER TODAY (Donald H. Sanders)

Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya otomatis menerima dan menyimpan data input prosesnya, dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi program yang tersimpan dimemori (stored program)


Menurut buku COMPUTER ORGANIZATION (V.C. Hamacher, Z.G. Vranesic, S.G. Zaky) Komputer adalah mesin hitung yang cepat dan tepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya dan menghasikan output informasi.


Menurut buku INTRODUCTION TO THE COMPUTER , THE TOOL OF BUSINESS (William M. Fuori)

Komputer adalah suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan yang besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan manusia yang mengoperasikan selama pemrosesan.


Kesimpulannya Komputer adalah:

1.      Alat elektronik

2.      Dapat menerima input data

3.      Dapat mengolah data

4.      Dapat memberikan informasi

5.      Mengunakan suatu program yang tersimpan dimemori

6.      Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan

7.      Bekerja secara otomatis.






II. PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIK

Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan. Data dapat berupa angka-angka, huruf-huruf atau simbol-simbol khusus atau gabungan darinya


PENGANTAR ILMU KOMPUTER

Pengolahan data (data processing) adalah manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti, berupa suatu informasi.

Informasi adalah hasil dari kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih berarti dari suatu kejadian.

Pengolahan Data Elektronik adalah manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti, berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik, yaitu komputer


II.1 Siklus Pengolahan Data

Suatu proses pengolahan data terdiri dari 3 tahapan dasar, yang disebut dengan siklus pengolahan data (data processing cycle), yaitu input, processing dan output.

INPUT

PROCESSING

OUTPUT







Siklus pengolahan data tersebut dapat dikembangkan lebih lanjut dengan ditambahkan tiga atau lebih tahapan lagi, yaitu Origination, storage dan distribution.



ORIGINATION    INPUT    PROCESSING     OUTPUT    DISTRIBUTION









STORAGE



Origination. Tahap ini berhubungan dengan proses dari pengumpulan data yang biasanya merupakan proses pencatatan (recording) data ke dokumen dasar.

Input. Tahap ini merupakan proses memasukkan data kedalam proses komputer lewat alat input (input device)


Processing. Tahap ini merupakan proses pengolahan dari data yang sudah dimasukkan yang dilakukan oleh alat pemroses (processing device), yang dapat berupa proses menghitung, membandingkan, mengklasifikasikan, mengurutkan, mengendalikan atau mencari di storage.




 PENGANTAR ILMU KOMPUTER

Output. Tahap ini merupakan proes menghasilkan output dari hasil pengolahan data ke alat output (output device), yaitu berupa informasi


Distribution. Tahap ini merupakan proses dari distribusi output kepada pihak yang berhak dan membutuhkan informasi.


Storage. Tahap ini merupakan proses perekaman hasil pengolahan ke simpanan luar (storage). Hasil dari pengolahan yang disimpan di storage dapat dipergunakan sebagai bahan input untuk proses selanjutnya.


III.             SISTEM KOMPUTER

Komputer supaya dapat digunakan untuk mengolah data maka harus berbentuk sistem komputer. Tujuan pokoknya untuk mengolah data dan menghasilkan informasi. Elemen-elemen dari sistem komputer.

1.      Hardware (Perangkat Keras)

Peralatan di sistem komputer yang secara fisik dapat terlihat dan dapat dipegang. Berdasarkan kegunaanya digolongkan menjadi beberapa bagian yaitu,

a.         Peralatan Input, media atau alat tempat memasukkan data dan program yang akan diproses oleh komputer.

b.         Peralatan proses, dirancang untuk menerima data dari luar berupa sinyal atau listrik kemudian dioleh sesuai dengan perintah-perintah yang telah diberikan.

c.         Peralatan Output, peralatan yang menampilkan hasil proses dari CPU

d.        Peralatan Penyimpanan (Storage), suatu media yang dapat menyimpan data dari komputer, dimana data itu secara permanen dalam jangka waktu yang panjang dan dapat diambil atau dibaca kembali.

2.      Software (Perangkat Lunak)

Program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan pengolahan data. Jenis-jenis software,

·        Operating Sistem, software yang berisi program yang mempunyai tugas mengawasi kegiatan didalam komputer. Operating System terdiri dari berbagai macam jenis tergantung dari mesin kamputer yang digunakan dan dikembangkan mesin komputer Contoh : DOS, WINDOW, Startuo, UNIX, NOVEL dan OS/2


 PENGANTAR ILMU KOMPUTER
·        Bahasa Pemrograman (Programming Language)

Bahasa program/bahasa komputer, bahasa ini merupakan alat yang digunakan manusia dalam memberikan instruksi komputer.

Karena bahasa pemrograman ini dibuat dengan tujuan untuk memudahkan manusia dalam memberikan instruksi kepada komputer, maka Bahasa Pemrograman ini dibuat mirip mungkin dengan bahasa manusia. Makin tinggi tingkatannya makin dekat pula dengan dengan bahasa manusia dan makin banyak fasilitas dan kemampuannya.

Ada 3 tingkatan dalam Programming Language, yaitu :

1.         Low Level Language/Machine Oriented Language

Instruksi-instruksi dalam bahasa ini dituliskan dalam kode mesin yang jauh dari manusia, oleh sebab itu bahasa ini sulit dipelajari dan membosanan. Bahasa Program ini tidak memerlukan interpreter atau Compiler karena sudah merupakan bahasa mesin.

2.         High Level Language/Problem Oriented Language

Bahasa ini digunakan bahasa tingkat tinggi karena dekat dengan bahasa manusia dan manusia mudah untuk mempelajari bahasa ini, tidak tergantung langsung pada mesinnya tetapi pada permasalahan yang akan diselesaikan pada aplikasi problemnya. Bahasa ini dekat dengan bahasa manusia maka perlu adanya suatu interpreter atau compiler, yang gunanya menterjemahkannya kebahasa mesin sebaliknya.

3.         4Th. Generation Language

Bahasa yang lebih memanjakan si programmer dimana kita dapat membuat program hanya dengan membuat tampilannya dan hubungan antar unsur pemrograman tanpa harus mengetikkan source codenya.


3.      Brainware

Manusia-manusia yang menangani dan terlibat langsung pada pengoperasian sistem komputer.

Brainware dapat digolongkan sebagai berikut :

·        System Analist

Yang merancang dan mendesain, serta membangun fasilitas sistem.




 PENGANTAR ILMU KOMPUTER

Seorang yang mencapai kedudukan tertinggi dalam programing. Seorang SA adalah seorang yang mempunyai pengalaman sebagai programmer paling sedikit selama 5 tahun.

Tugas SA adalah :

1.         menentukan tujuan sistem komputerisasi dari suatu perusahaan

2.         mengadakan studi kelayakan, yaitu apakah layak suatu perusahaan memakai sistem komputerisasi

3.         mempelajari organisasi yang sedang berjalan (sistem pada perusahaan yang akan diadakan sistem komputerisasi)

4.         mendesain sistem sesuai dengan permintaan user.

·        Programmer

Yang menyusun instruksi atau program bagi komputer Tugasnya :

a.       membuat aplikasi komputer/program komputer dengan mempeggunakan bahasa-bahasa komputer maupun perangkat-perangkat lunak terpadu komputer.

b.      Program atau aplikasi yang dibuat oleh programmer biasanya menggunakan bahasa/software terpadu yang paling sesuai dengan aplikasi program yang dirancang atau atas permintaan user.


Ada 2 tingkatan programmer, yaitu :

a.         Aplikasi Programmer, bekerja dalam pembuatan program yang diberikan oleh System Analist. Programmer menyusun instruksii program dalam High Level Language.

b.         Sistem Programmer, bertanggung jawab atas pemeliharaan dan perkembangan operating sistem software. OS Software adalah sekelompok program yang disusun sedemikian rupa untuk memaksimumkan kemampuan komputer dalam melaksanakan pekerjaan.

·         Operator

Seorang operator biasanya tidak mengerti hal-hal kerja pemrograman, tughas utamnya adalah memasukkan atau menginput (mengentry data), merawat, menjalankan dan menghentikan komputer.




 PENGANTAR ILMU KOMPUTER


·         Computer Engineer/Maintenance

Tugasnya adalah menjaga kelangsungan bekerjanya mesin komputer secara keselurahan, yaitu menganti suku Cadang yang baru apabila terjadi kerusakan dalam sebuah komputer/hanya memperbaiki saja, serta memelihara mesin komputer

Kemampuan komputer yang paling menakjutkan adalah kecepatan dan ketepatan. Perbandingan kemampuan manusia dengan komputer


Hal yang dibandingkan
Manusia
Komputer



Kecepatan
Relatif lambat
Sangat cepat
Ketepatan
Mudah salah
Tepat
Daya tahan proses
Cepat lelah
Tidak kenal lelah
Kemampuan mengingat
Kurang akurat
Akurat
Mengikutiperintah
Kurang baik
Baik
Berinisiatif dan beradaptasi
Baik
Jelek
Pertimbangan dan peramalan
Sangat baik
Jelek





Cara menguasai Komputer

·         Membaca buku-buku komputer, cara terbaik supaya kita dapat meningkatkan pengetahuan dan memahami dunia komputer.

·         Mencoba langsung pada komputer, dengan mencoba langsung pada komputer, kita akan mempunyai pengalaman dan lebih tahu tentang apakah komputer itu sesungguhnya.

·         Menulis suatu program komputer, setelah membaca dan telah mencobanya langsung sehingga sudah terbiasa dengan komputer. Maka anda lebih tertarik ke tingkat yang lebih tinggi, yaitu ingin menulis suatu program aplikasi sendiri.


















7

Komentar