Tutorial Cryptohero Lengkap Bahasa Indonesia | Cryptocurrency Indonesia

BAB II - Sejarah Perkembangan Komputer




1. SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER

Alat pengolah data, mulai dari yang paling sederhana sampai sekarang ini dapat digolongkan dalam empat golongan.

1.      Alat manual (Manual Device), alat pengolahan data yang tidak bersifat mekanis (bukan mesin) yang dikerjakan dengan tenaga manusia, menpergunakan alat-alat sederhana, tangan masih memegang peranan penting. ABACUS (sempoa, sebagai alat perhitungan digital yang pertama.

2.      Alat mekanik (Mechanical Device), alat pengolahan data mekanik (mesin yang digerakan oleh tenaga manusia) atau yang digunakan secara manual oleh tangan. Mesin kalkulator manual atau mesin tik manual dan Kartu plong revolusi dari proses petenunan

3.      Alat Mekanik Elektronik, alat pengolahan data mekanik yang digerakkan dengan tenaga listrik, termasuk tenaga baterai atau alat yang digerakkan oleh motor elektronik. Mesin tik Elektronik.

4.      Alat Elektronik, komputer adalah alat pengolahan data elektronik atau yang bekerjanya secara elektronik.


2. GENERASI KOMPUTER

Terdapat beberapa generasi dalam perkembangan komputer.


1.      GENERASI PERTAMA (1942 – 1959 )

·        Komponen terbuat dari tabung hampa (Vacuum Tube)

·        Program terbuat dari bahasa mesin (machine language)

·        Konsep stored program dengan memori utamanya adalah Magnetik Core Storage. Stored Program, operasi komputer dikontrol oleh program yang tersiimpan dimemori komputer.

Dengan stored Program, tidak perlu merubah ini komponen dalam komputer untuk masing-masing aplikasi baru yang berbeda. Hanya program baru untuk aplikasi itu saja yang dibaca kekomputer dan disimpan di memori komputer.

·        Mengunakan simpanan luar magnetik tape dan magnetik disk

·        Karakteristik :

-         Ukuran fisik besar, memerlukan ruangan yang besar

-         Cepat panas, sehingga diperlukan alat pendingin

-         Prosesnya kurang cepat

-         Kapasitas untuk menyimpan data kecil

-         Membutuhkan daya listrik yang besar

-         Orentasinya terutama pada aplikasi bisnis.


2.      GENERASI KEDUA (1959 – 1965 )

·        Komponennya terbuat dari transistor untuk sirkuitnya

·        Program dapat dibuat dalam bahasa tingkat tinggi (high level language) seperti FORTRAN, COBOL dan ALGOL

·        Kapasitas memori utama sudah cukup besar dengan pengembangan dari magnetic core storage, dapat menyimpan puluhan ribu karakter.

·        Menggunakan simpanan luar magnetic tape dan magnetik disk yang berbentuk removable disk atau disk pack.

·        Mempunyai kemampuan proses real-time dan time-sharing.

·        Real-time, dapat dilakukan karena menggunakan simpanan luar yang sifatnya direct access seperti magnetic disk, sehingga informasi yang dibutuhkan seketika dapat dihasilkan.

Time-sharing, memungkinkan beberapa pemakai menggunakan komputer secara bersama-sama dan komputer akan membagi waktunya(time sharing) untuk iap-tiap pemakai.

·        Karakteristik

-         Ukuran fisik lebih kecil dari generasi pertama

-         Proses operasi sudah cepat

-         Kapasitas memori lebih besar

-         Membutuhkan lebih sedikit daya listrik

-         Orientasinya tidak hanya pada aplikasi bisnis, tetapi juaga pada aplikasi teknik.


3.      GENERASI KETIGA (1965 – 1970 )

·        Komponen yang dipergunakan adalah IC (Integrated Circuit), merupakan kumpulan dari transistor dalam benuk yang sangat kecil.

·        Peningkatan dari softwarenya

·        Pengembangan input dan output yang menggunakan visual display terminal yang bisa menampilkan gambag-gambar dan grafik, dapat menerima dan mengeluarkan suara, serta penggunaan alat pembaca tinta magnetik yaitu MICR (Magnetik Ink Character Recognition) reader (scanner).

·        Memungkinkan untuk melakukan Multiprocessing dan Multiprogramming Multiprocesing, dapat memproses sejumlah data dari sumber-sumber yag berbeda pada waktu yang bersamaan.

Multiprogramming, dapat mengerjakan beberapa program sekaligus.

·        Menggunakan penyimpan luar yang sifatnya Random access (dapat masup record data secara random), yaitu disk magnetik yang berkapasitas besar.

·        Karakteristik

-         Lebih cepat dan tepat

-         Kapasitas memori komputer lebih besar

-         Penggunaan listrik lebih hemat

-         Kemampuan melakukan komunikasi data dari satu komputer dengan komputer lainnya misalnya lewat alat komunikasi telepon.




4.      GENERASI KEEMPAT (1970 – 1983 )

Sejak generasi ke tiga orang sulit untuk membayangkan komputer generasi selanjutnya, karena sudah banyak sekali perkembangan-perkembangan yang telah terjadi sebelumnya yang belum terpikirkan. Tetapi sejak tahun 1970 ada dua perkembangan yang kemudian dianggap sebagai generasi keempat.

1.      penggunaan LSI (Large Scale Integration), yang merupakan pemadatan dari beribu-ribu IC yang dijadikan satu dalam sebuah chip.

2.      perkembangan komputer mikro yang menggunakan microproseccor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer (internal memori), sedangkan komputer generasi sebelumnya masih mengunakan magnetic core storage.


5.      GENERASI KELIMA

Komputer kelima sedang dalam pengembangan. Komponen yang dipergunakan adalah VLSI ( Very Large Scale Integration ). Disamping VLSI juga sedang dilakukan pengembangan terhadap Josephson Junction, yaitu teknologi yang kemungkinan bisa mengantikan chip.

Bila berhasil komputer generasi kelima akan dapat menerjemahkan bahasa manusia, manusia dapat bercakap-cakap langsung dengan komputer.

Komentar